Senin, 08 Maret 2010

Rencana Migrasi Ke Wordpress Self Hosted

Perjalanan tulis-menulisku di aplikasi web 2.0 blogger.com sudah cukup lama kurang lebih 1,5 tahun yang lalu sejak saya pertama kali mengenal blog dari pamanku. Perkenalan pertamaku dengan blogspot terjadi ketika aku masih duduk di bangku kelas 2 SMK (tahun 2008). Kala itu biaya sewa koneksi warnet masih mahal, Rp 5.000,- per jam. Jumlah warnet pun masih sedikit nggak seperti sekarang ini hampir tiap gang ada warnet. Lokasi warnet dari rumahku pun lumayan jauh kira-kira 20 menit kalau naik sepeda motor. Saya dulu pernah naik sepeda dari rumah ke warnet.

Rencana Migrasi Ke Wordpress Self Hosted
Menginjak 2 tahun ngeblog tenyata belum cukup bagi saya untuk menjadi pe blogger yang handal. Saya sadar, aktifitas ngeblog saya hanya sekedar hobi yang iseng-iseng saja -- nggak hobi yang serius. Jika saya sedikit serius saja mungkin blog ini sudah dikenal jutaan blogger Indonesia. Buktinya Alexa Rank blog ini masih 1 juta keatas. PR 2 pun saya peroleh baru beberapa bulan yang lalu.

Memasuki tahun ke 5 perjalanan ngeblog saya, terlintas niatan di kepala untuk migrasi dari blogspot ke wordpress self hosted. Niatan untuk berpindah ke mesin blog yang katanya paling populer dan powerful itu sebetulnya sudah ada beberapa bulan yang lalu. Niatan itu lama terpendam, tak kunjung terealisasi lantaran belum punya cukup dana untuk sewa hosting.

Tidak lama lagi, insyallah rencara migrasi ke wordpress akan segera terealisasi. Nama blog yang saya gunakan nantinya berbeda dengan nama blog ini (moh karis's blog). Begitu juga dengan nama domainnya, saya akan menggunakan nama domain yang ada kaitannya dengan passion (minat) saya yaitu dunia desain grafis dan desain web.

Saya berharap rencana migrasi ke wordpress self hosted ini dapat terealisasi dengan sempurna. Semoga blog baru saya nantinya dapat meramaikan pekembangan konten lokal yang semakin berkualitas.

20 komentar:

wahyurez mengatakan...

jangan lupa kabar2 ya kalau udah pindah 'rumah' .. hehe

Ratasoe mengatakan...

Ok sob, ane dukung..sukses sll

PRof mengatakan...

Pengen nyusul, tapi masih sering tersesat di WP...he..he....

PRof mengatakan...

Suatu saat aku kan menyusul mu....:D

richo mengatakan...

wah aku juga pengen benere tapi belum siap kontentnya hehe

Irvan mengatakan...

Sama ni sy juga kemaren nyoba pindahin konten ke WP, cuma masih bingung blogspot lama mau diapain apa di redirect semua atau tetap dibuka kaya biasa, karena merasa tidak enak juga sama temen2 yg udah tukeran link di blogspot

Bung Eko mengatakan...

Wah, saya entah kenapa masih betah numpang di Blogger. Kalaupun harus pindah pake hosting sendiri, mungkin nanti tetep pake engine Blogger. Kan bisa tuh pake FTP eksternal. Tapi dalam waktu dekat ini saya masih setia dengan Blogger dan cutom domain aja. :D

Rock mengatakan...

Aku juga pengen belajar wordpress kawand...

kharis sulistiyono mengatakan...

@wahyurez: OK kawan, nanti saya akan blogwalking dengan URL yang baru

@Ratasoe: terimakasih atas dukungannya

@PRof: pake WP itu mudah kok, banyak tutorialnya nggak kalah sama Blogspot

@richo: semoga cepet siap :D

@Irvan: saran saya kontennya diimport aja mas, trus URL nya di redirect

@Bung Eko: peblogger gede mampir disini nih, makasih atas kunjungannya. Kapan2 aku minta diajari pake FTP eksternal donk bung. hihihi...

@Rock: mari sama2 belajar

catatan kecilku mengatakan...

Aku masih kerasan di blogpspot mas... ^_^
Kapan nih rencana mau migrasi ke WP..?

the others... mengatakan...

Itu berarti blog ini nanti akan di-non aktifkan..?

Osi mengatakan...

klo blogspot truz di sulap jadi WP bs gak ya....kaya back up data githu lho....pengen coba WP jg sie...

kharis sulistiyono mengatakan...

@catatan kecilku: nunggu sampe selesai desain template WP sendiri

@the others: masih aktif kok mbak, kasian temen2 yang udah biasa nyari info ke sini

jun mengatakan...

salam kenal aja deh :)

septirani mengatakan...

KASIH TAU YAH KALO PINDAH RUMAH..NANTI AKU MAMPIR MAMPIR KESANA..HUEHEHEH

kharis sulistiyono mengatakan...

@jun: salam kenal juga. makasih udah mampir

@septirani: ok.. nanti saya bakal blogwalking ngasih kabar. Saya tunggu kunjungannya

Gus IKHWAN mengatakan...

pindah aja bung
dulu gus juga di blogger tapi sekarang udah ke wp di wp enak kok lebih kompleks dalam segala hal; dan kompatibel banget

khatulistiwa mengatakan...

semoga migrasinya bisa berjalan lancar..saya juga baru pakai self hosting sekitar 2 minggu lalu, sebelumnya di blogspot selama 8 bulan..( sahabatblogger.com )

salut atas semangatnya...jangan pernah puas dengan belajar, karena setiap detik banyak sekali pelajaran yang berharga..tetap semangat.

Note : ternyata ga terlalu sulit kok pakai self hosting..sewa hosting juga ada yang 200 rb / tahun

M Mursyid PW mengatakan...

Blogger dan Wordpress semua bagus. Yang penting adalah bagaimana mengelolanya agar tetap exist dan gampang diakses.

Reza Fauzi mengatakan...

makin mantep kalo migrasi nih hehehe

Posting Komentar