Selasa, 23 Februari 2010

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Saat yang paling menggembirakan setelah mengajukan surat lamaran pekerjaan adalah panggilan wawancara kerja. Di saat itu pula anda mungkin akan merasa cemas dan khawatir dalam menghadapi wawancara kerja nanti. Terlebih jika anda belum memiliki pengalaman menghadapi interview. Lain halnya jika anda sudah pernah menjalaninya sekali atau dua kali, pasti anda mampu menjawab pertanyaan pewawancara dengan lancar.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja
Bisa dikatakan wawancara kerja merupakan tahap yang paling menentukan dalam melamar pekerjaan. Diterima tidaknya sebagai kariawan ditentukan dalam interview karena di tahap ini pihak perusahaan bisa mengetahui secara langsung karakter pribadi dan kecakapan bekerja seseorang. Diterima menjadi kariawan sudah pasti menjadi harapan kita.

Sebelum saya menuliskan tips sesuai dengan judul diatas, saya ucapkan selamat kepada teman daya yang hari ini akan menghadapi wawancara. Di hari yang gerimis ini teman saya Wahyu akan memenuhi panggilan interview di PT Suka Sari - Demak. "Biar nanti wawancara kamu lancar, baca postingan gue kali ini ya." Ucap saya ke Wahyu :D

Tips Menghadapi Wawancara Kerja
  • berdoa dulu sebelum meninggalkan
  • minta doa restu pada kedua orang tua, kakak, adik, kakek-nenek, tetangga, pacar, teman dan orang yang dekat sama kamu
  • gunakan pakaian yang formal, rapi, bersih dan pakai parfum seperlunya (biar wangi)
  • pastikan tiba di tempat wawancara lebih awal
  • percaya diri
  • pasang wajah yang sumeh (dalam bahasa Indonesia: murah senyum)
  • berdoa sambil menunggu nama anda dipanggil
  • lakukan kontak mata dengan pewawancara (jaga pangangan anda jangan samapai kemana mana)
  • gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • jawab semua pertanyaan dengan suara yang jelas, benar dan jangan berbohong (dosa lho) :D
  • tunjukkan bahwa anda ingin memberikan sesuatu yang lebih pada perushaan
  • jangan menanyakan hal ini "kira-kira saya diterima nga' ya?"
  • jika anda perlu betanya, tanyakan dengan sopan
  • berdoa lagi setelah wawancara selesai

Disklaimer: Saya bukanlah orang yang berpengalaman dalam hal interview kerja. Tips yang saya tulis diatas merupakan hal-hal yang saya kira perlu saja, tidak sepenuhnya menjamin anda akan diterima sebagai kariawan baru. Itu semua tergantung usaha dan doa anda.

Mungkin itu sja tips sederhana dari saya. Semoga bisa bermanfaat, jika anda perlu membaca tips menghadapi wawancara kerja yang lain silahkan baca disini.

P.S.
Jika anda lebih berpengalaman, tidak ada salahnya berbagi di kolom komentar

11 komentar:

alkatro mengatakan...

mantap tipsnya sob.. kalo ditanya : anda minta gaji berapa? enaknya jawab gimana ya.. :)

darahbiroe mengatakan...

heheh so pasti klo yang pertama itu gak lupa berdoa heheh nice tips nuyy


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

nuansa pena mengatakan...

Ini baru masukan, semoga yang sedang menhadapi wawancara kerja baca ini!

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya sih belum mau kerja,, heheh

kharis sulistiyono mengatakan...

@alkatro: itu pertanyaan yang paling menjebak.. kalo kita jawab sebanyak2nya kuatirnya kita dikira mata duitan. Kalo saya sih mending jawab 'gaji yang saya minta adalah gaji yang bisa membuat saya semakin semangat bekerja' :D

@darahbiroe: sama2 bro

@nuansa pena: itu yang saya harapkan

@secangkir teh dan sekerat roti: pasti sudah sukses ngeblog nih.. ? :D

tubir mengatakan...

tambahan satu brow.. jangan gemede dlm bhs jawa atau sombong... pasti langsung dicoret... thank buat info interview

kharis sulistiyono @blog jadul-nya mengatakan...

@tubir: setuju. Jangan menunjukkan sesuatu yang sebetulnya tidak mampu kita kerjakan. Tunjukkan apa kemampuan kita dengan jujur. Perusahaan lebih menyukai kejujuran daripada kesombongan.

Andika mengatakan...

Hal terpenting dari beberapa poin di atas ya Kehendak Tuhan (Doa). Berusaha sebaik-baiknya dan pasrah. BagiNya, menjadikan kita ketrima/tidak di suatu perusahaan semudah menggeser bidak catur.

kharis sulistiyono mengatakan...

@Andika: Setuju sekali. Oleh karena itu yang kita lakukan adalah berusaha, berdoa dan tawakkal.

Gus Adit mengatakan...

Tips yang bagus sobat. Makasi ya. Saya jadikan pedoman jika nanti melamar pekerjaan.

kharis sulistiyono @blog jadul-nya mengatakan...

@My PC Spot: boleh2 aja sobat. Silahkan kalo mau disimpen di HD juga gak masalah:D

Posting Komentar