Senin, 22 Februari 2010

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Di akhir tahun 2009 atau pada bulan Desember kamaren hingga saat ini banyak adik kelas saya yang lagi sibuk mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi. Pada situasi seperti ini, tak jarang yang mengalami kebingungan dalam memilih perguruan tinggi. Hal ini mungkin berlaku bagi yang punya niat dan biaya untuk kuliah.

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Karena tak jarang adik kelas yang memilikii niat pengen melanjutkan ke perguruan tingggi namun terbentur dengan masalah biaya. Menuurt saya, soal biaya yang mahal itu tidak menjadi persoalan yang terpenting adalah niat dan kemauan yang tinggi untuk menimba ilmu. Toh kita bisa nyari beasiswa bukan?

Kembali ke topik utama. Memilih perguruan tinggi itu memang mudah bagi orang yang bertipe gambangan, asal ikut alur saja. Tapi menurut saya nggak semudah itu, yan kita pikirkan adalah bagaimana nanti kalau sudah selesai kuliah. Yang paling saya takutkan adalah kalau susah cari kerja. Sudah banyak cerita tentang sarjana yang menganggur -- tentu itu bukan harapan kita semau bukan? Harapannya adalah setelah lulus dari perguruan tinggi bisa langsung kerja dan hidup mapan.

Sebelum saya memberikan tips tentang memilih perguruan tinggi versi saya pribadi, saya ingin menuampaikan diskalimer bahwa tips yang saya berikan tidak sepenuhnya menjamin masa depan anda. Yang bisa menentukan masa depan anda adalah anda sendiri dan dengan ijin Allah.

Tips memilih perguruan tinggi:
  • Tentukan jurusan yang akan anda pilih
  • Tentukan di Universitas mana anda akan mempelajari jurusan yang anda pilih
  • Perharikan label akreditas Universitas yang anda pilih
  • Perhatikan portofolio lulusan Universitas yang anda pilih
  • Pastikan anda mampu dari segi akademik
  • Pastikan anda mampu dari segi finansial (biaya)
  • Pastikan di area kampus ada fasilitas free hot spot (biar bisa tetep ngeblog) :P
  • Yang terakhir carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Universitas yang anda pilih

Cukup itu saja tips dari saya, jika ada yang kurang silahkan ditambahkan melalui kolom komentar di bawah.

7 komentar:

belajar autocad mengatakan...

wah info yang bermanfaat nih....terima kasih sob atas kunjungan ke blog butut saya....have a nice day..

kharis sulistiyono mengatakan...

@belajar autocad: sama2 mas

Blog Bisnis Muklis mengatakan...

Mampir sore sore, salam kenal mas, terimakasih dan berkunjung ke BBM, salam sukses aja, soalnya saya sudah kerja dan ngak lagi sanggup untuk kuliah deh he...he...

kharis sulistiyono mengatakan...

@BBM: ya sama-sama. sukses juga untuk anda

Facechan mengatakan...

kalo perguruan tingginya sih aku udah nemu..

tp jurusannya bkin binggung....

Bundapreneur mengatakan...

Dipilih dipilih........jgn asal pilih,,,nti dah masuk bilangnya dah nasiiipp

kharis sulistiyono mengatakan...

@Facechan: kalau bingung masalah jurusan. Ambil saja jurusan yang sesuai minat dan kemampuan serta prospek di masa depan. Menurut aku itu :D

@Bundapreneur: betul kata bunda, jangan sampe nyesel :)

Posting Komentar