Rabu, 22 Juli 2009

Mengenal Fungsi Tool-Tool Photoshop (bagian II)

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang fungsi tool-tool photoshop. Fungsi tool photoshop di bawah belum seluruhnya selesai saya tulis, karena banyak banget. So, tunggu aja kelanjutan tulisan ini. :D

toolboxHistory Brush Tool
History Brush Tool digunakan untuk melukis dan memperlihatkan keadaan foto sebelumnya. Hal ini dapat sangat berguna dalam menciptakan efek. History Brush Tool juga dapat digunakan untuk memulihkan foto ke keadaan semula sebelum dimodifikasi, mengembalikan keadaan foto ke kondisi sebelumnya. Selain dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan pengeditan, History Brush Tool juga dapat digunakan untuk memberi efek pada gambar. Shortcut: tombol "Y"

Paint Bucket Tool
Dengan menggunakan paint bucket tool anda dapat mewarnai area yang aktif dengan warna solid/padat atau bermotif/warna pattern. Itu digunakan untuk mengisi area dengan solid warna atau pola. Paint bucket tool memiliki cara kerja yang sama dengan magic wand tool yaitu mewarnai area yang memiliki kesamaan warna. Toleransi kesamaan warna juga dapat disetting sesuai keinginan anda. Shortcut: tombol "G".

Eraser Tool
Dari semua tool yang ada di Photoshop, Eraser tool adalah tool yang paling sederhana dan mudah digunakan. Seperti namanya, eraser tool digunakan untuk menghapus bagian objek yang anda inginkan. Transparansi eraser tool juga dapat anda atur sesuai keinginan. Shortcut: tombol "E".

Alat blur
Blur tool digunakan untuk membuat buram / menyamarkan bagian objek yang anda inginkan. Tool ini dapat menyebabkan bidang foto untuk muncul sebagai jika mereka berada di luar fokus. Shortcut tombol "R".

Dodge Tool
The Dodge, Burn, dan Sponge tool hampir dengan darkroom tool biasa. Dodging dan Burning sebenarnya lebih dari pencahayaan koreksi dari eksposur sebuah koreksi, tetapi tampaknya untuk masuk dalam kategori mana saja. Dodge tool mencarahkan titik-titik yang ada warnai dan sebaliknya, burn tool membuat gelap titik-titik / piksel yang anda warnai. Kedua tool ini fungsinya hampir sama dengan penggunaan Levels dan Curves. Perbedaannya adalah bahwa anda tidak menerapkan perubahan ke seluruh gambar, Anda menerapkan hanya ke tempat yang sedang anda warnai. Tool ini biasanya digunakan untuk menyesuaikan kecerahan warna secara selektif. Shortcut: tombol "O".

Pen Tool
Pen tool digunakan untuk membuat objek bebas yang terbentuk dari perpaduan antara garis dan kurva. Fungsinya sama ketika anda menggambar objek di atas kertas putih dengan bollpoin. Shortcut: tombol "P".

Type Tool
Type tool digunakan untuk menambahkan teks ke dalam gambar baik teks tunggal mauapun kalimat atau pargraf. Anda dapat mengatur ukuran huruf, jenis huruf , style/gaya, warna, perataan, vertikal atau horizontal, kerning, leading, tracking, indent, line spacing, dan masih banyak lagi. Shortcut: tombol "T".

Path Selection Tool
Anda dapat merubah posisi komponen path (termasuk dalam bentuk bentuk layer) mana saja dalam suatu gambar. Dengan menggunakan path selection tool, anda dapat menggabungkan komponen yang tumpang tindih dalam satu komponen. Anda juga dapat menggunakan perintah Copy dan Paste untuk menduplikasi objek vector dari Photoshop ke aplikasi lain. Shortcut: tombol "A".

Bersambung......

0 komentar:

Posting Komentar