Selasa, 21 Juli 2009

Membuat Animasi Lingkaran Bergerak Lurus

sepeda
Kali ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya membuat animasi lingkaran bergerak lurus animasi lingkaran yang bergerak dari kiri ke kanan. Animasi flash ini sangatlah sederhana, anda hanya membutuhkan satu buah layer dengan 30 frame yang berisi objek kingkaran kemudian dianimasikan dengan cara tweening (saya menyebutnya men-tween)

Software flash yang saya gunakan adalah Macromedia Flash 8, anda dapat menggunakan versi sebelumnya atau versi yang terbaru. Hal ini tidak akan memberi pengaruh apa-apa karena animasi lingkaran bergerak lurus animasi lingkaran yang bergerak dari kiri ke kanan sangat sederhana.

Sebelum masuk ke langkah-langkah membuat animasi lingkaran yang bergerak dari kanan ke kiri berikut preview hasil animasi yang saya buat.



Dasar pembuatan animasi diatas telah saya jelaskan sebelumnya disini. Siap untuk membuat animasi seperti diatas?? Saya kira sudah siap donk. OK, Let's begin!! ;)

1. Luncurkan aplikasi Macromedia Flash yang terinstal di komputer anda, terserah versi berapa yang anda miliki. Saya sarankan anda untuk membuka Macromedia Flash 8 karena akan lebih mudah mengikuti tutorial yang saya buat ini.

Disaat tutorial ini dibuat, saya menggunakan Macromedia Flash 8. Jika anda saat ini menggunakan versi yang terbaru, maka bisa anda sesuaikan sendiri.


2. Buat dokumen flash baru dengan ukuran, tentukan ukuran dokumen menjadi 360 x 200 px. Caranya sebagai berikut: klik kanan di sembarang tempat di area kerja flash 8 > Documen properties... > pada kotak dialog dimension, isikan 360 px (width) dan 200px(height) > OK.

documen-properties

3. Ubah nama layer 1 menjadi 'lingkaran'. Jika anda tidak ingin merubahnya biar namanya tetap layer 1 juga tidak apa-apa ;). Kalau saya sih lebih senang merubahnya.

4. Buat objek lingkaran seperti berikut. Anda dapat membuat lingkaran kreasi anda sendiri tidak harus sama persis dengan lingkaran yang saya buat di bawah ini. Kali ini kita akan belajar menganimasikan lingkaran buakan belajar membuat lingkaran yang bagus, so jangan terpancing untuk membuat lingkaran yang bagus. Nanti anda waktu anda terbuang sia-sia, yang penting kali ini bisa menganimasikan lingkaran. Namun, jika anda ingin menggambar lingkaran yang bagus juga gak apa-apa. Saya gak maksa ;)




5. Letakkan objek lingkaran anda mendekati tepi kiri dokumen


5. Klik kanan pada frame 30 > Insert Key Frame.


6. Arahkan kursor anda ke frame 30 dan klik frame 30. Sehingga frame 30 dalam keadaan terseleksi (lihat gambar dibawah ini).


7. Geser objek lingkaran yang baru anda buat tadi ke kanan mendekati tepi kanan dokumen


8. Klik kanan di antara frame 1 dan frame 30 > Create Motion Tween

tweening
9. Selesai. Tekan tombol CTRL + ENTER untuk melihat hasilnya. Jika anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka hasilnya akan seperti ini.




Enjoy!! :D

P.S:

Terimakasih telah menyimak tutorial ini dengan cermat. Semoga bisa memberikan manfaat. Sekedar info saya, tutorial ini saya buat ketika saya masih duduk di bangku sekolah SMK Negeri 1 Demak. Saya dulu mengambil jurusan MultiMedia.

Saat ini saya sudah tidak lagi bermain-main dengan Mecromedia Flash. Saya sekarang sedang menjalankan usaha jasa pembuatan website. Nama usaha saya adalah Semarang Web Studio (SWS). Jika anda ingin terhubung dengan layanan pembuatan website saya, anda bisa like page SWS.

8 komentar:

dawiecool mengatakan...

hmm... oke juga nih.. kalau format hasil nya apa ya? gif?

moh karis mengatakan...

@dawiecool

contoh animasi diatas formatnya swf [shockwafe], kalau diekspot ke GIF juga bisa, namun ada kelemahannya yaitu kualitas gambar akan jelek dan ukuran file akan lebih besar.

Thanks for commenting this entry

sobat sehat mengatakan...

boleh juga dicoba om

moh karis mengatakan...

@sobat sehat

silahkan dicoba ajah, semoga bermanfaat. :D

Thanks for commenting this entry

fitri alifah mengatakan...

kalo animasinya gede pake swf kan kadang berat. trus gmana biar ringan dan tidak bagus kualitas gambarnya?..:)

moh karis mengatakan...

iza... betul. berat ringannya loading konten animasi tergantung besar kecilnya file swf. Namun biasanya file untuk banner ukurannya gak terlalu besar. Ketimbang animasi GIF, loadnya lebih ringan animasi flash.

murni mengatakan...

animasi flash juga lebih gampang kalo mau d bikin buat web loh, terutama buad banner tu

kharis sulistiyono mengatakan...

@murni: iya betul banget, makasih atas kunjungannya

Posting Komentar