Rabu, 21 September 2011

Cara Sederhana Mengukur Reputasi Brand/Produk di Social Media

Mengukur reputasi brand/produk yang kamu usung di social media sangat penting. Karena jika tidak, maka kita bagaikan orang yang akan menembak namun tidak tahu target mana yang di bidik. Sehingga bingung mengarahkan laras senapan. Hasil ukur yang diperoleh akan membantu dalam menganalisa perbandingan antara usaha yang telah dilakukan dengan target yang dicapai.

Cara yang paling sederhana untuk mengukur reputasi di social media adalah dengan cara melihat jumlah orang yang terhubung dengan akun produk anda. Itu pun tidak cukup, coba kukuhkan data tersebut dengan cara memantau conversation yang melibatkan nama brand/produk kamu.

Memantau conversation yang melibatkan sebuah nama brand/produk tidak sulit. Anda bisa memanfaatkan kotak pencarian (search box). Semua social media memiliki fitur pencarian. Pencarian ini memudahkan dalam mensortir data yang beraneka ragam.

Cobalah ketikkan nama produk tertentu produk kamu di kotak pencarian. Perhatikan hasil yang ditampilkan. Semakin banyak hasil yang ditampilkan, artinya semakin banyak orang membicarakan produk tersebut. Reputasi tersebut dapat dinilai dari bentuk conversation yang pernah dibuat pengguna.

Sebagai contoh, saya mencoba mencari tahu reputasi Nexian Tab. Saya ingin mencari tahu seberapa populer si Nexian Tab di Twitter. Kemudian saya menuju halaman pencarian twitter. Saya ketikkan kata kunci "nexian tab"

Seketika saya langsung mengetahui stream conversation yang menyebutkan produk Nexian Tab. Dari hasil pencarian, ada seorang tweeps yang menyebutkan seperti ini:


Ada yang lebih heboh lagi...



Mudah sekali bukan?

P.S:

Seberapa populer brand kamu di social media? Cari tahu sekarang melalui search box yang tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar