Jumat, 24 Juli 2009

Membuat Animasi Perbesaran Objek

Teknik pembuatan animasi perbesaran objek tidak jauh berbeda dengan pemuatan animasi roda bergerak dari kanan ke kiri. Animasi perbesaran objek dibuat dengan menggunakan teknik tweening. Sudah tahu apa itu tweening? kalau belum tahu silahkan baca disini.

Alur animasi perbesaran objek yang akan saya buat adalah sebuah lingkaran yang semula ukurannya kecil kemudian membesar. Animasi perbesaran objek atau scaling object merupakan animasi yang sederhana, kita cukup membuat satu layer dengan frame secukupnya yang terdapat sebuah objek linkaran di dalamnya dan tentu daja menganimasikannya dengan teknik tweening.

Yap, itulah kira-kira gambaran animasi perbesaran objek atau scaling object yang akan kita buat. Langsung saja, berikut langkah-langkah membuat animasi perbesaran objek lingkaran (dengan menggunakan Macromedia Flash 8).

Oh ya,.. berikut preview animasi scaling object yang akan kita buat



1. Luncurkan aplikasi macroedia flash 8 yang sudah terinstal di komputer anda.

2. Buat dokumen flash baru dengan dimensi ukuran dokumen 360 x 200px. Anda dapat mengatur dimensi ukuran dokumen flash sesuai keinginan anda. Ada yang belum tahu caranya mengatur dimensi ukuran dokumen flash? klik kanan di sembarang tempat di area kerja flash 8 > Documen properties... > pada kotak dialog dimension, isikan 360 px (width) dan 200px(height) > OK.

documen-properties

3. Ubah nama layer 1 menjadi 'lingkaran'

4. Buat sebuah objek lingkaran seperti di bawah ini

lingkaran

5. Arahkan kursor anda ke frame 30 dan klik frame 30. Sehingga frame 30 dalam keadaan terseleksi

terseleksi

6. Klik menu Window > Transform atau tekan tombol CTRL + T untuk membuak transform panel. Klik tab transform > Centang pada checkbox Constrain > isikan nilai 150% atau nilai berapa saja yang penting lebih dari 100%. Tidak perlu saya jelaskan, anda pasti sudah tahu alasannya. ;)

scaling
7. Klik kanan di antara frame 1 dan frame 30 > Create Motion Tween

tweening
8. Selesai. Tekan tombol CTRL + ENTER untuk melihat hasilnya. Jika anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka hasilnya akan seperti ini.



Tulisan yang saya rekomendasikan bagi anda yang sedang belajar flash: mengenal fungsi flash sebagai software, definisi animasi flash, cara membuat animasi lingkaran bergerak lurus

Enjoy!! :D

2 komentar:

Kent_TheobaldGrafis mengatakan...

Tutorialnya

Kent_TheobaldGrafis mengatakan...

Thx ya

Posting Komentar