Jumat, 06 Februari 2009

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Membuat surat lamran kerja
Hal pertama yang perlu anda tentukan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah jenis surat lamaran tersebut. Secara umum surat lamaran pekerjaan dibagi menjadi 2 yaitu desertai dengan riwayat hidup (curriculum vitae) atau terpisah dari riwayat hidup artinya riwayat hidup disertakan sebagai lampiran. Berikut adalah hal-hal yang wajib ada dalam surat lamaran pekerjaan:

1. Data pribadi
2. Pendidikan
3. Pengalaman kerja
4. Lampiran surat lamaran pekerjaan


Usahakan surat lamaran dibuat dengan semenarik mungkin, karena hal tersebut suatu langkah pertama anda dalam memulai karir. Jika surat lamaran anda biasa-biasa saja maka tanggapan perusahaan akan bisa-biasa saja. Tunjukkan diri anda kepada calon atasan bahwa anda benar-benar memiliki kepribadian yang menarik. Sehingga anda dapat mencuri simpati calon atasan.

Keterampilan menulis kalimat sangat dibutuhkan dalam membuat surat lamaran. Gunakan kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele, hubungan antar kalimar juga harus saling koheren. Selain itu perhatikan pula pemilihan kata, ejaan, kesantunan dan kesopanan. Jika anda menemui kesulitan dalam membuat kelimat yang efektif, ada baiknya anda meminta bantuan teman, tetangga, guru, atau siapa saja yang anda anggap cakap dalam hal tulis menulis.

Media yang anda gunakan untuk menulis surat lamaran juga perlu anda perhatikan. Beberapa perusahaan lebih suka dengan surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan. Tulisan anda dapat memudahka mereka dalam membaca kepribadian, sehingga memudahkan mereka dalam menyeleksi kariawan baru.

0 komentar:

Posting Komentar