Minggu, 07 Desember 2008

Membuka Web dengan Menggunakan Edit Plus

Saya ingin sekali bisa membuat sebuah website yang bertemakan instansi pemerintah. Tapi komputer saya tidak mendukung bila diinstall dreamweaver karena space hardisk sudah penuh. Dreamweaver 8 membutuhkan 165MB untuk dapat dijalankan. waduh gimana nich!. Kemudian saya mencari alternatif software lain yang sizenya lebih kecil. Dengan memanfaatkan "mbah google" saya menemukan Edit Plus. Edit Plus sangat jauh berbeda dengan Dreamweaver, Edit Plus tidak mempunyai fitur design view. Tapi tak masalah!.

Step pertama saya mencari contoh web instansi pemerintah. Saya tertarik dengan desain Web Mars Exploration milik NASA yang minimalis tapi sedap dipandang.




Langsung saja saya simpan halaman web tersebut ke hardisk, kemudian saya buka dengan menggunakan Edit Plus. Untuk membuka web yang telah saya download caranya sangat mudah sekali. Seperti membuka file pada umumnya, saya arahkan mouse saya ke menu File > Open > Cari file yang akan dibuka > Open.



Yeach......! Sekarang saya bisa belajar membuat web instansi pemerintah dengan menggunakan Edit Plus. Walaupun tanpa design view layaknya Dreamweaver, saya tetap semangat "nothing impossible!".



Ada hikmah dibalik space hardisk yang tidak cukup untuk diinstall Dreamweaver, diantaranya: Saya bisa "berkenalan" dengan Edit Plus, saya belajar layaknya Webmaster profesional karena dalam Edit Plus tidak ada istilah design view yang ada hanyalah code view.





2 komentar:

Anonymous mengatakan...

mas ki gambare gak iso di gedekne ta. gak ketok mataq. muharom

moh karis mengatakan...

maap mas, pancen semono iku.

Posting Komentar